Mengenal Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding

Pada industri saat ini hadirnya jasa logistik ataupun freight forwarding memang sangat membantu pengusaha dalam memobilisasi produk atau barang. Ditambah lagi dengan pola hidup masyarakat yang serba digital membuat saluran perdagangan semakin meningkat.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Bagi Anda yang bekerja di bidang industri transportasi, penting untuk mengetahui istilah-istilah dalam sektor ini. Seperti halnya jasa logistik dan freight forwarding. Mungkin tampak sama atau bahkan Anda sendiri mengira ini adalah sinonimnya saja. Faktanya, kedua hal ini berbeda. Dimana letak perbedaannya? Artikel ini akan membahas tentang perbedaan jasa logistik dan freight forwarding.

Apa itu logistik?

Logistik dapat diartikan sebagai pergerakan efisien suatu barang dari tempat asal ke tempat tujuan akhir. Tujuannya adalah memenuhi permintaan klien agar barang sampai ke tujuan dengan cepat dan tepat.

Logistik, dalam arti yang lebih luas, mengacu pada pengorganisasian dan pengangkutan sumber daya, material, inventaris, dan peralatan dari satu lokasi ke tempat tujuan yang diinginkan.

Manajemen logistik sangat penting bagi keberhasilan bisnis apa pun. Perusahaan menggunakan manajemen logistik untuk memastikan bahwa barang bergerak lancar dari tempat asal hingga sampai pada konsumen.

Komponen Utama Jasa Logistik

Berikut beberapa komponen dan tanggungjawab sebuah jasa logistik yang perlu dipahami:

1. Manajemen Rantai Pasokan

Logistik melibatkan pengelolaan seluruh rantai pasokan, dari pengadaan bahan mentah hingga pengiriman barang jadi kepada konsumen. Hal ini mencakup semua kegiatan seperti perencanaan, aktivasi produk, dan juga pengelolaanya.

2. Manajemen Inventaris

Manajemen inventaris yang efisien memastikan jumlah stok yang tepat tersedia pada waktu yang tepat, meminimalkan biaya penyimpanan dan mengurangi kehabisan stok.

3. Pergudangan

Logistik mencakup penyimpanan barang di gudang, tempat barang tersebut dapat dikelola, disortir, dan disiapkan untuk pengiriman.

4. Manajemen Transportasi

Hal ini melibatkan perencanaan dan pengoptimalan rute dan moda transportasi untuk memastikan pengiriman tepat waktu.

Baca Juga: Estimasi Biaya Undername Ekspor dan Import

5. Pemenuhan Pesanan

Logistik mencakup seluruh proses pemenuhan pesanan, mulai dari menerima pesanan hingga mengambil, mengemas, dan mengirimkannya ke pelanggan.

6. Apa itu Freight Forwarding?

Saat Anda mengirimkan barang baik untuk impor maupun ekspor, ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan untuk mengangkut ke tujuannya. Termasuk penyimpanan sebelum dan selama transit, pemahaman tentang waktu yang dibutuhkan untuk transportasi, dan kepatuhan terhadap peraturan dan bea cukai yang terkait. Hal Inilah yang dinamakan dengan freight forwarding.

Secara sederhana, freight forwarding diartikan sebagai cara memindahkan sejumlah besar barang, kargo, atau material dari satu tempat ke tempat lain.

Freight forwarding adalah layanan yang melibatkan koordinasi dan pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Perusahaan freight forwarding adalah perantara antara pengirim dan berbagai layanan transportasi, seperti angkutan udara, laut, dan darat. Peran utamanya adalah mengatur cara pengangkutan barang yang paling efisien dan hemat biaya.

Apa Peran dan Tanggungjawab Freight Forwarding?

Apa saja yang dilakukan perusahaan jasa freight forwarding selama proses layanan? Mari kita pahami tugas dan tanggung jawabnya di bawah ini:

1. Pengaturan Transportasi

Perusahaan pengangkutan barang mengatur rute dan moda transportasi terbaik untuk pengiriman, baik melalui udara, laut, atau darat.

2. Pengurusan Dokumen

Mereka menangani semua dokumentasi yang diperlukan, termasuk nota muatan, dokumen ekspor dan impor, serta dokumen bea cukai.

3. Konsolidasi

Perusahaan freight forwarding dapat menggabungkan beberapa pengiriman menjadi satu, mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

4. Izin Kepabeanan

Mereka membantu proses izin kepabeanan, memastikan bahwa barang mematuhi semua peraturan dan mencapai tujuan tanpa penundaan yang tidak perlu. Hal ini termasuk dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan lalu lintas barang keluar masuk dan pemungutan bea masuknya.

5. Asuransi

Perusahaan pengangkutan barang juga akan mengatur asuransi kargo untuk melindungi pengiriman dari kehilangan atau kerusakan selama transit.

Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding

Perbedaan jasa logistik dan freight forwarding yang utama adalah bahwa jasa logistik berfokus pada pengiriman domestik atau lokal, sementara freight frowarding menyediakan layanan yang lebih luas.

Meskipun sama-sama bergerak di bidang pelayanan jasa pengiriman barang, namun berdasarkan layanannya dapat dibedakan. Jika logistik mencakup tentang bagaimana barang itu dikelola dan bisa sampai ke konsumen. Freight forwarding mencakup segala layanan pengiriman barang dalam skala besar lebih kompleks, mulai dari perijinan kepabean, moda transportasi dan juga penyewaan gudang.

Perbedaan jasa logistik dan freight forwarding tentu penting Anda pahami jika ingin melakukan ekspor-impor barang. Pemilihan layanan akan berpengaruh dengan tingkat pengeluaran biaya yang Anda keluarkan.

Biasanya, jasa logistik hanya akan menerima layanan dibawah 10 ton saja, sedangkan forwarding lebih dari 10 ton. Artinya jika Anda akan melakukan impor atau ekspor dengan jumlah besar, maka sebaiknya Anda menggunakan freight forwarding.

Pentingnya Logistik dan Freight Forwarding dalam Bisnis

Setelah Anda mengetahui tentang perbedaan jasa logistik dan freight forwarding, berikut ini akan kami jelaskan pentingnya jasa pengiriman barang dalam sebuah bisnis.

Baik logistik maupun pengiriman barang memiliki manfaat yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan perdagangan. Logistik mengelola sebagian besar tanggung jawab rantai pasokan, mulai dari perencanaan dan pelaksanaan hingga pengelolaan sumber daya dan pengiriman barang ke tujuan akhir. Perusahaan freight forwarder menangani pengangkutan barang skala besar dari berbagai negara agar sampai ke titik akhir.

Meskipun keduanya mengelola barang, logistik akan fokus pada kualitas, dan manajemen armada, serta pelaksanaan pengiriman barang. Sebaliknya, freight forwarder mengawasi transportasi, dokumentasi, kebijakan, dan pelacakan barang.

Prioritas utama industri adalah mengirimkan barang dan material pada waktu, tempat, dan dengan produk yang tepat. Kedua manajemen ini mencakup berbagai macam pekerjaan dan pemangku kepentingan. Manajemen pengangkutan merupakan bagian penting dari manajemen logistik.

Tanpa kedua manajemen tersebut, banyak bisnis akan terhenti, yang menyebabkan efek berkelanjutan di seluruh dunia.

Jika Anda ingin melakukan impor-ekspor barang, maka Anda bisa menggunakan Jasaimporborongan.id. Kami akan membantu Anda dalam melakukan pengiriman barang secara tepat dan cepat tanpa ada masalah apapun. Konsultasikan apa yang ingin Anda kirimkan melalui nomor yang tersedia sekarang juga!

Apa Keuntungan Menggunakan Freight Forwarding?

Freight Forwarder membuat proses impor dan ekspor bagi perusahaan menjadi lancar. Layanan khusus mereka menyediakan interaksi yang efisien dan cepat untuk pengangkutan barang. Ada banyak keuntungan bagi bisnis yang memanfaatkan solusi pengiriman barang untuk pengangkutan barang dagangan. Beberapa keuntungan yang paling signifikan dari penggunaan freight forwarding adalah:

  • Perusahaan pengriman barang sangat berpengetahuan dalam elemen-elemen rantai pasokan. Karena itu, kami dapat memenuhi tenggat waktu yang ketat dan menciptakan sistem yang terorganisasi untuk pengiriman barang.
  • Dapat menangani kendala yang tidak terduga seperti keterlambatan barang atau pengalihan layanan sehingga Anda tidak perlu melakukannya.
  • Memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan menjalin hubungan dengan agen global, memastikan proses yang efisien.
  • Perusahaan pengiriman barang dapat meminimalisir biaya dengan cara menegosiasikan biaya karena banyaknya kontainer yang melewati setiap hari.
  • Bantuan untuk segala hal yang berkaitan dengan pengiriman mulai dari pengemasan hingga gudang dan bea cukai.
error: