Inilah Produk dari China yang Paling Laris di Indonesia

Saat in, China menempati posisi pertama sebagai negara dengan produk terbanyak masuk ke pasar Indonesia. Selain Indonesia- China telah menjalin hubungan dagang sejak lama, produk China juga digemari masyarakat Indonesia membuat importer terus menyediakannya. Harga yang murah menjadi salah satu faktor memilih produk China dari pada Jepang atau negara lainnya.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Memang awalnya stigma produk China memiliki kualitas buruk. Namun dengan berjalannya waktu China terus meningkatkan mutu sehingga produknya pun sejajar dengan negara lainnya bahkan Jepang dan Eropa yang terkenal kuaitas produknya. Terbukti stigma tersebut sekarang tidaklah relevan.

Keunggulan Produk China

keunggulan produk china
Freepik

Selain harga ada hal lainnya yang menjadi alasan mengapa kebanyakan produk bahkan layanan impor dari China. Untuk pembahasan lengkapnya baca uraian di bawah ini.

1. Efisien

Salah satu keunggulan produk China yaitu kecepatan dalam produksi dan pengiriman barang. Sebagai pebisnis Anda tidak perlu khawatir stok barang karena selalu akan tersedia dan sampai lokasi Anda juga tepat waktu.

2. Disukai banyak orang

Di Indonesia sendiri, banyak yang menyukai produk China. Selain harga jauh lebih murah, produk juga unik membuat orang tertarik untuk memilikinya.

3. Lebih hemat

Sebagai pebisnis tentu keuntungan menjadi pertimbangan utama. Termasuk saat menjual barang akan mencari margin harga terendah untuk kemudian dijual dengan keuntungan yang banyak. Anehnya, impor barang dari China ternyata lebih murah dari produksi sendiri. Itulah mengapa, dari pada harus mengeluarkan biaya lebih tentu lebih baik impor karena lebih hemat

4. Produk beragam

Suka melihat barang di e-commerce? Banyak produk beragam yang banyak dibutuhkan tersedia di China. Sekilas kadang barang itu tak lazim namun sangat berguna membantu pekerjaan sehari- hari

5. Produk berkualitas

Ada yang bilang jika kualitas barang dari China itu tidaklah bagus meskipun harganya murah. Pernyataan tersebut tidak selamanya benar. Kembali lagi, ada harga ada kualitas. Maka pastikan pilih yang sesuai dengan anggaran sehingga tidak kecewa

6. Pengiriman barang mudah

Di antara negara yang memiliki kerjasama perdagangan dengan Indonesia, China memiliki jasa pengiriman yang cukup andal. Selain tepat waktu dari segi biaya pengiriman juga cukup terjangkau.

Mengetahui keuntungan impor produk China tentu membuat siapa saja ingin melakukannya. Jika Anda ingin memulai bisnis impor barang dan masih bingung barang apa yang laku di pasaran local, berikut rekomendasi produk dari China yang bisa Anda impor.

Produk dari China yang Paling Laku di Indonesia

Berdasarkan data BPS tahun 2018, produk dari China menempati lebih dari seperempat produk non migas yang masuk ke pasar Indonesia. Produk tersebut antara lain:

1. Gadget

Produk China menjadi jawaban bagi kebutuhan pasar akan barang murah, berkualitas dan teknologi yang terus berinovasi. Diantara barang yang laku keras dari China yaitu smartphone dan juga laptop cukup popular dan banyak peminat di Indonesia. Bahkan bisa dibilang, gadget China mendominasi di pasar local Indonesia.

2. Fashion

Tren fashion yang cepat berganti membuat produk fashion dari China laku di Indonesia. Selain harga yang murah, produk fashion yang tersedia cukup lengkap.Tidak hanya untuk wanita tetapi juga anak- anak dan pria. Belum lagi jenis fashion seperti kemeja, sweater hingga kaos yang memiliki desain stylish dan cantik.

3. Alat rumah tangga

Salah satu keunikan produk China yaitu terlihat remeh tetapi memiliki fungsi dibutuhkan dalam kehidupan sehari- hari seperti pemotong bawang, pengupas buah dan lainnya. Umumnya produk tersebut tidak memiliki merek dan di produksi industry rumah tangga sehingga harganya lebih murah.

4. Elektronik

Banyak produk elektronik seperti kipas angin, rice cooker hingga televisi hasil produk China yang laku keras di pasaran tanah air. Bagi yang suka mengamati e-commerce, banyak produk china yang ditawarkan.

Selain memiliki harga yang jauh lebih murah, produk tersebut juga multifungsi dan memiliki fitur- fitur modern yang banyak dibutuhkan. Belum lagi daya tahan pemakaian yang cukup lama menjadi pertimbangan tersendiri memilih produk China dari pada negara lainnya.

5. Perhiasan

Sebagai pelengkap asesoris fashion, perhiasan juga menjadi barang yang cukup banyak di impor dari China. Dengan desain yang elegan dan kualitas yang mumpuni membuat perhiasan tersebut menarik perhatian konsumen di Indonesia. Belum lagi, bahan perhiasan yang beragam dari mulai emas, perak hingga berlian yang dapat menyesuaikan dengan selera konsumen.

6. Mainan

Siapa yang memperhatikan saat membeli mainan ada tulisan Made in China? Mainan termasuk produk China yang membanjiri pasar mainan Indonesia. Beragam mainan dari mulai mobil- mobilan sederhana hingga menggunakan remote control banyak yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Belum lagi mainan boneka serta mainan edukatif juga banyak ditawarkan China.

7. Alat tulis dan perlengkapan kantor

Dunia pendidikan dan bisnis pun tidak luput dari sasaran pasar produk China. Terbukti banyak alat tulis kantor yang berasal dari China dan menjadi pemasok utamanya seperti kertas, pulpen hingga aksesoris. Selain harga murah , desan yang unik dan multiguna membuat produk China laku keras di pasaran.

8. Perlengkapan olahraga

Kesadaran masyarakat akan hidup sehat menjadi pangsa pasar tersendiri bagi produk China untuk menguasai pasar lokal Indonesia. Berbagai perlengkapan olahraga seperti sepatu, aksesoris hingga pakaian olahraga sangat diminati di Indonesia. Harganya yang murah serta kualitas yang cukup tahan lama membuat produk China menjadi favorit

9. Kendaraan

Saat ini sepeda listrik menjadi kendaraan yang banyak digunakan masyarakat. Selain hemat karena tanpa membeli BBM, mudah pengoperasian juga harganya cukup terjangkau dibanding sepeda motor.

Sepeda listrik menjadi salah satu kendaraan asal China yang laris di Indonesia. Bahkan bukan hanya kendaraannya saja yang popular, komponen kendaraan pun juga banyak dicari dan dipakai di Indonesia.

10. Bahan bangunan

Tidak hanya kebutuhan harian, produk China juga merambah di dunia konstruksi. Terbukti banyak bahan bangunan yang berasal dari China seperti pipa, keramik hingga kabel. Tidak mengherankan, bagi pebisnis konstruksi dan property produk China menjadi andalan mereka.

Berbagai keuntungan tersebut membuat banyak pihak berbisnis impor produk China. Sayangnya untuk proses import tidaklah mudah dan sederhana. Selain perlu pengalaman juga harus melengkapi berbagai dokumen sehingga bisa mendatangkan barang dari China.

Bagi importir besar tentu bukan masalah. Namun bagi Anda yang baru pemula di dunia impor bisa menggunakan jasa importir borongan untuk membantu proses impor barang dari China.

Bagi yang belum tahu, jasa impor borongan merupakan layanan dari perusahaan pihak ketiga untuk mengurus proses impor secara lengkap dari awal pengemasan hingga barang sampai di tangan pengimpor. Dengan menggunakan layanan tersebut, proses impor lebih efisien karena langsung ditangani oleh ahli yang kompeten dalam aspek impor.

Sayangnya untuk mendapatkan layanan impor borongan yang terpercaya dan berpengalaman tidaklah mudah. Terlebih sekarang ini banyak jasa illegal yang tidak bertanggung jawab dan merugikan importer. Untuk itu, sebelum memilih jasa importir borongan perhatikan cara memilih jasaimportir terpercaya di bawah ini.

Cara Memilih Jasa Importir Borongan Terpercaya

Berikut ini cara memilih layanan jasa import borongan terpercaya. Anda bisa menggunakan tips berikut ini:

1. Ketahui perusahaan penyedia layanan

Penting sekali menggali informasi yang akurat terkait perusahaan jasa importir. Informasi bisa didapatkan melalui internet, pebisnis lain yang pernah menggunakan layanannya atau jika perlu langsung medatangi ke lokasi perusahaan berada.

2. Ketahui spesialis penyedia layanan

Setiap Negara memiliki aturan tersendiri terkait proses ekspor dan impor tidk terkecuali China. Sebelum memutuskan memilih jasa, pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan penyedia jasa sudah terbiasa melakukan impor dari China sehingga kedepannya tidak ada kendala selama proses pengiriman barang.

3. Tersedia asuransi atau tidak

Jangan mudah tergoda dengan promo harga murah namun barang Anda tida terjamin keamanannya. Bisa jadi selama pengiriman brang mengalami kerusakan, tertahan di bea cukai hingga hilang. Maka agar pihak perusahaan penyedia layanan tidak lepas tangan, cari perusahaan yang menawarkan harga layanan sekaligus biaya asuransi barang.

4. Layanan yang diberikan

Menggunakan layanan impor itu artinya akan intens interaksi dengan perusahaan tersebut dari awal kesepakatan hingga barang di tangan importir. Tentu akan nyaman menjalin kerjasama dan berbisnis jika mendapatkan layanan fast respon, ramah dan mudah dihubungi ketika membutuhkan layanan.

Itulah uraian lengkap mengenai keuntungan impor produk dari China hingga tips memilih jasa importir borongan yang terpercaya. Pastikan jika Anda ingin menggunakan layanan pihak ketiga untuk memperhatikan tips diatas. Selamat mencoba.

error: